Acosys V4 (Accounting Software) – Solusi Mudah Menjalankan Usaha

Iwan SetiawanSoftware made in Lampung ini tepat dijadikan solusi menjalankan dan mengembangkan usaha.

Menurut Direktur Pemasaran  Aztechsoft Int., Iwan Setiawan, usaha ini dimulai oleh Sri Wahono (Founder dan CEO Aztechsoft Int. hingga sekarang) sejak 1997 secara pribadi. Tahun 2001, resmi didaftarkan sebagai perusahaan dan 2004 baru benar-benar fokus mengembangkan secara profesional. “Awal kami merintis software di Lampung belum banyak perusahaan yang berpikir menggunakan software untuk membantu operasional perusahaanya. Kami melakukan edukasi yang cukup lama dengan cara grilya, yakni masuk dari satu pintu ke pintu lain,” katanya.

Seiring waktu, mulai ada satu dua yang memesan software Acosys, dari yang sudah pasang tersebut, dilayani secara maksimal hingga konsumen merasa puas, bahkan diatas ekspektasi pengguna. “Kami saat itu melayani keluhan pelanggan 24 jam, tidak jarang kami dipanggil jam 02.00 malam hanya sekedar membenahi masalah kecil,” katanya. Saat ini Acosys sudah dipakai lebih dari 1.800 perusahaan, tentu variasi kebutuhan tiap pelanggan banyak sekali, namun berhasil Iwan dan timnya berhasil menformulasikan menjadi satu software untuk semua model usaha.

Pemasarannya dengan strategi word of mouth (WOM), banyak konsumen penggunan software akuntansi ini yang dapat referensi dari saudara atau teman yang lebih dulu menggunakan software ini untuk menjalankan usahanya. “Mereka langsung berminat, karena telah melihat langsung di tempat teman atau sudaranya yang telah menggunakan software kami,” ujarnya.

Dalam fase merintis, Iwan menggambarkan, saat itu ia belum berani beriklan di media, karena letak kantor yang sulit dijangkau. “Sebenarnya tidak layak disebut kantor, kami sering menyebut Base Camp. Base Camp kami ditempat terpencil, bahkan belum dijangkau jaringan listrik PLN,” ujarnya mengenang. Berbulan-bulan ia mencoba menciptakan listrik terbarukan sendiri untuk Base Camp itu, tapi semua tidak berhasil. Akhirnya, ia menggunakan aki mobil untuk menyalakan laptop.

Iwan mengatakan, bahwa dirinya bersama tim setiap hari melakukan penyempurnaan produknya. “Kami berfokus pada pengembangan produk Acosys untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis perdagangan barang, jasa dan penyewaan,” katanya.

Kelebihannya software asal Lampung ini terletak pada kemampuannya mengakomodir semua jenis bisnis.

“Acosys V4 saat ini bisa memenuhi perusahaan yang multi bisnis, mencakup toko, minimarket, supermarket, grosir, supplier, apotek, optik, salon kecantikan, klinik kesehatan, rumah sakit, rumah makan, hotel, billiard, karaoke, kontraktor, manufaktur/pabrik dan banyak lagi. Jarang ada software yang bisa mencover jenis bisnis perdagangan sekaligus penyewaan dalam satu software,” demikian klaim Iwan.

Acosys V4 juga memenuhi kebutuhan perusahaan yang memiliki banyak cabang dan banyak jenis usaha sekaligus dalam satu database. Pengguna dapat melihat analisa penjualan, persediaan dan keuangan pada tiap cabang dan grup cabang yang bertingkat-tingkat. “Software kami bisa multi platform, yakni Windows semua versi dan Linux semua distro dengan native executable. Pengoperasian dan tampilan di Windows dan Linux bisa sama persis, karena kami menggunakan library mandiri yang tidak bergantung pada operating system,” katanya.

Software buatan Aztechsoft Int. juga mengutamakan fleksibilitas penggunaan. Fitur yang dapat di-customize sendiri oleh pengguna seperti aturan diskon, aturan poin, aturan hadiah, aturan komisi salesman dan aturan komisi pelaksana jasa. Pembuatan formula sangat mudah semudah membuat formula di MS Excel atau di Open Office Calc.

Dengan formula tersebut, tambah Iwan, pengguna bebas mengembangkan cara memberi diskon kepada pelanggan, misalnya diskon berdasarkan tanggal dan jam tertentu, berdasarkan hari ulang tahun pelanggan, berdasarkan merk tertentu, berdasarkan jumlah tertentu, diskon menurut kelipatan dan banyak lagi. “Kami juga menyediakan pembuatan diskon bertingkat yang sangat mudah, cukup menambahkan tanda plus tiap level diskon, dan jumlah level diskon tidak kami batasi,” ujarnya. Acosys V4 juga support multi database, yakni MySQL dan MariaDB, keduanya adalah database handal yang gratis, sehingga tidak membebani pengguna.

Acosys V4 dibuat multi bahasa, bahkan user bisa mengubah bahasa sesuai keinginanya. Oleh karenanya Acosys V4 bisa tampil dengan bahasa perdagangan, bahasa hotel, bahasa rumah sakit, bahkan bahasa daerah. Kami juga menyediakan berbagai bahasa asing seperi inggris, china, arab dan masih banyak lagi. Uniknya ketika bahasa dipilih china, maka font yang muncul juga font china, begitupun untuk bahasa Arab, Jepang, India dan Spanyol.

“Kami menyiapkan multi skin untuk mengurangi kejenuhan dalam bekerja, bahkan user bisa membuat sendiri skin sesuai seleranya. Kami termasuk sedikit dari software bisnis yang tampilan skinya bisa diubah-ubah sesuai selera pengguna,” katanya.

Acosys V4 mempunyai 434 macam otoritas tiap user. Dengan banyaknya otoritas ini maka pemilik usaha dapat memberikan kewenangan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahan tersebut. Ini membuat lebih aman dari menyalahgunaan wewenang oleh petugas. Jadi wewenang tidak lagi berdasarkan jabatan atau level pengguna, namun benar-benar personal. “Harga jual kami sangat fleksibel karena harga perfitur, sehingga customer cukup membeli fitur yang dibutuhkan saja, sehingga lebih hemat,” katanya.

Membuka Peluang Bisnis

Target Aztechsoft tahun 2012 adalah terbentuknya Main Dealer, Dealer dan Reseller diseluruh wilayah Indonesia. “Jumlah klien itu akan otomatis bertambah dengan pesat jika terdapat kantor perwakilan kami di setiap daerah,” katanya. Saat ini Aztechsoft Int telah membentuk 23 Main Dealer diseluruh Indonesia, setiap Main Dealer membentuk dealer dan reseller di wilayahnya masing-masing.

Untuk wilayah yang belum terdapat Main Dealer, Iwan membuka peluang bagi para pemuda yang ingin menjadi pengusaha IT untuk membuka Dealer diwilayah tersebut. “Kami akan membimbing dealer dari nol hingga bisa berjalan dengan baik. Dari dealer-dealer yang terbentuk itu, kami akan memilih satu diantaranya untuk tiap provinsi untuk menjadi Main Dealer,” katanya.
Untuk bergabung tidak membutuhkan modal yang besar, Aztecsoft Int. hanya mengenakan biaya joining fee Rp 5 juta. “Yang kami butuhkan bukan orang yang bermodal besar, tapi orang yang serius, punya kemauan yang besar untuk menjadi pengusaha dan pantang menyerah,” ujarnya. Mitra akan disupport penuh dari sisi training marketing, teknisi, trainer, manajemen SDM, menajemen keuangan dan bimbingan langsung ke lapangan.

Mahmud

Sumber : Tabloid Business Opportunity

http://tabloidbo.com/?p=1606

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s