Strategi Memasarkan Air Krawang

airSetelah sekian lama tidak melakukan update blog karena kesibukan bekerja dan mengurus usaha sendiri, tiba-tiba saya kaget dengan masuknya satu email dari salah satu pengunjung blog.

Ini saya tampilkan isi email dan jawaban saya mengenai strategi marketing air minum dalam kemasan ‘krawang’. Air Krawang adalah air yang diambil dari sumber mata air didaerah pringsewu, Lampung  yang diyakini oleh masyarakat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kemudian air ini dikemas dan dijual layaknya air minum dalam kemasan lain.

Pertanyaan

Mas Iwan, sebelumnya saya sangat salut dengan mas Iwan karena berani mededikasikan pada bidang marketing, dimana orang lain justru malah menjauhinya. Makanya saya ingin belajar dari mas Iwan yang sudah banyak jam terbang dalam dunia marketing.
Langsung saja ya mas:
Saya sedang merintis usaha penjualan air minum di Bandar Lampung, mungkin mas Iwan pernah mendengar tentang air Krawang (salah satu pelanggan saya ada juga didaerah urip loh! Jl, Batam). Saya sangat yakin usaha saya ini sangat prospektif, karena produk saya ini telah teruji kwalitasnya. Selama ini saya menjalankan usaha ini dari pagi sampai malam, waktu dan tenaga saya hanya habis untuk mengantarkan order dari pelanggan yang lama, dengan hasil yang kurang memuaskan. Bisa dibilang saya menjalankan usaha ini secara konvensional. Saya ingin meningkatkan penjualan air krawang saya dengan cara menambah pelanggan baru, tapi bagaimana saya bisa melakukan marketing, bila saya tidak punya tim dan waktu khusus untuk melakukan marketing.
Saya ingin minta saran dari Mas Iwan :
1. Bagaimana ya cara yang benar benar jitu, untuk memperkenalkan produk baru kepada prospek, dimana produk pesaing telah membanjiri pasar.
2. menurut Mas Iwan , jika saya ingin meningkatkan penjualan air krawang, apakah saya harus menciptakan agen agen penjualan ?? dan bagaimana sich cara supaya orang lain sangat ingin mengagenkan produk kita, tanpa kita susah susah meyakinkannya.
3. Seandainya Mas Iwan sebagai Dealer Distributor tunggal air krawang untuk Daerah penjualan Bandar Lampung, bagaimana Strategi Mas Iwan agar bisa mendapatkan penjualan 1000jirigen per hari??

Mas Iwan, saya sangat berharap mendapatkan masukan dari mas Iwan, karena saya sangat yakin saran dari mas Iwan pasti sangat berguna untuk saya.
Sebelumnya saya haturkan terimakasih banyak atas kesediaan mas Iwan menanggapi email dari saya.
Salam Sukses !!

Jawaban

Terima kasih Mas Rifki

Air Krawang menurut hemat saya telah memiliki diferensial yang sangat bagus dan powerfull (ini air krawang yang dari pringsewu itu kan?). Air krawang berasal dari sumber air yang sudah sangat dipercaya oleh masyarakat. Ini sebenarnya bisa dijadikan kampanye marketing yang sangat bagus. Kita tidak perlu membentuk opini karena masyarakat sudah memiliki persepsi yang bagus.

Ada 2 strategi yang bisa dilakukan dengan 2 kondisi berbeda:

  1. Jika Marketing dan delivery diakukan sendiri. Metode ini membutuhkan tenaga extra, mengingat harus melayani pengiriman yang bersifat eceran. Namun bukan tidak bisa, cara yang paling efektif adalah lokalisasi pemasaran. Artinya penggarapan pasar terfokus pada satu wilayah yang mudah dijangkau. Targetnya adalah semua orang dalam wilayah cakupan tersebut berlangganan produk Mas. Kalau pemasaran dilakukan dengan acak dengan wilayah yang berjauhan, akan menghabiskan energy dan biaya operasional yang tinggi. Pengembangan pasar yang lebih luas dengan membuka cabang dengan strategi lokalisasi juga. Metode seperti ini memiliki kelebihan, kita bisa menjamin kualitas pelayanan kepada konsumen, namun kelemahanya, membutuhkan modal yang cukup besar untuk membuka cabang sendiri.
  2. Jika Marketing dilakukan sendiri, namun delivery dilakukan oleh agen. Untuk strategi ini, mungkin salah satu tulisan saya bisa menginspirasi https://marketingtulen.wordpress.com/2009/02/12/marketing-produk-baru-tanpa-budget-promosi/. Kelebihanya, perluasan wilayah pemasaran bisa dilakukan dengan sangat cepat. Iklan media juga bisa jadi pilihan untuk memperkenalkan brand, karena pemasaran jenis ini bisa dilakukan secara masal. Dengan cara ini, penjualan akan sangat cepat berkembang, jadi harus diikuti dengan penambahan fasilitas pengiriman barang ke agen yang juga semakin banyak.

Menjawab pertanyaan pertama dari Mas Rifki, mengenai cara memperkenalkan ke masyarakat, menurut saya tidak ada cara yang paling baik untuk memperkenalkan produk selain dengan cara 1O1 (one on one). Yaitu pemasaran yang langsung bertemu satu lawan satu. Kita bisa menjelaskan kelabihan dan keuntungan yang didapatkan oleh customer. Toh cara ini kan hanya dilakukan 1 kali untuk setiap orang, selanjutnya hanya tinggal order dan delivery saja. Dalam marketing 1O1 diperlukan alat bantu seperti brosur, artikel mengenai hasil pengujian dan sampling barang, atau bahkan kalau memungkinkan lakukan pengujian dengan alat tertentu yang membuat customer bisa benar-benar melihat perbedaan produk kita dengan produk lain.

Kita bisa melakukan marketing 1O1 diwilayah agen untuk membantu agen agar tumbuh. Jika usaha mereka bisa tumbuh dengan tidak perlu bersusah payah (karena kita bantu), saya yakin akan banyak orang lain yang berebut untuk mendaftar menjadi agen. (jawaban pertanyaan kedua)

Untuk pertanyaan ketiga, kalau saya secara pribadi memilih strategi kedua, yaitu dengan membentuk agen, karena perkembangan penjaulan bisa sangat cepat, tanpa harus banyak mengeluarkan modal untuk membuat kantor cabang dan mengelola banyak karyawan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain dengan manajemen terpisah.

Kalau mengenai SDM, semakin banyak hasil yang kita inginkan, tentunya mau tidak mau kita harus mempekejakan karyawan. Tidak bisa semua kita kerjakan sendiri. Mengerjakan semua sendiri hanyalah membuat kita terjebak pada pekerjaan rutin dan akan menyulitkan pengembangan usaha.

Demikian, ini hanya sekedar sharing mas, sama sekali tidak ada maksud untuk menggurui.  Saya juga masih terus belajar.

5 thoughts on “Strategi Memasarkan Air Krawang”

  1. cocok sekali aku juga baru kemarin buka depo isi ulang air minum tgl 5 .2 .2011,kami mungkin masih butuh banyak belajar lagi tentang pemasaranya yang tepat…?

Tinggalkan Balasan

