Kualitas Layanan Steam Motor

Setelah selama seminggu hampir tiap hari hujan, kemarin cuaca cerah. Kontan saja banyak pemilik kendaraan yang berniat menyucikan kendaraanya yang sudah belepotan selama seminggu. Ada hal menarik yang saya dapatkan saat keliling-keliling mencari tempat cuci steam motor yang bagus.

Setelah melewati tiga tempat cucian yang sepi bahkan ada yang kosong sama sekali, akhirnya saya menemukan tempat cucian steam motor yang ramai sekali. Ini agak ironis, hanya dalam jarak beberapa puluh meter, terjadi perbedaan yang sangat mencolok. Satunya ramai sekali dan yang lain malah kosong.

Jiwa marketingku sudah menggelitik-gelitik tidak sabar untuk mencari tahu, apa sebenarnya penyebab semua ini. Meski harus mengantri lebih dari sepuluh motor, saya nekat mampir.

Saat saya sudah memberi aba-aba  akan mampir dari lampu sein sebelah kiri yang menyala, salah satu karyawan yang sedang sibuk menyemprotkan air ke motor, menyempatkan memandu, “taruh sini saja pak, biar saya yang memasukkan”.

Wah satu jawaban kecil mulai terlihat, ternyata mereka begitu ramah menyapa pelangganya. Mereka menyempatkan membantu memasukkan motor ketempat penyucian, sehingga pemilik motor bisa langsung duduk di kursi yang telah disediakan dan menikmati beberapa minuman ringan. Salah satu nilai plus dibanding tempat cucian motor lain.

Sambil menunggu giliran, saya sempatkan sedikit membaca koran yang disediakan dan ngobrol dengan sesama pelanggan yang juga sedang mengantri. Saya tanya, “Pak, kenapa pilih nyuci di sini yang antrinya banyak, padahal sebelah situ tadi ada tempat cucian yang kosong? Pasti Bapak tidak perlu antri.”

Bapak tersebut memberi alasan mengapa ia rela antri. Alasan utama mencuci motor disini bersih sampai ke sela-sela mesin dan kotoran pada sela-sela gear. Tapi jawaban itu belum membuatku puas untuk mengetahui lebih dalam. Pasti ada hal lain yang membuat cucian ini tidak biasa.

Tibalah saatnya giliran motorku yang dicuci, dari awal benar-benar saya perhatikan. Mulai dari petugas menuangkan shampo motor (bukan sabun detergen seperti yang dipakai sebagian cucian lain) kedalam ember. Menyemprotkan air keseluruh bagian motor dengan tekanan berbeda setiap bagaian untuk menghilangkan lumpur dan debu yang sudah lekat.

Mereka menggunakan peralatan berbeda untuk membersihkan bagian-bagian yang berbeda. Alat lap yang digunakan juga punya tingkat kehalusan berbeda antara lap untuk body dengan untuk Velg. Beberapa kuas juga digunakan untuk membersihkan sela-sela yang sempit. Terlihat juga, mereka menggunakan cairan khusus untuk membersihkan gear yang belepotan oli campur debu.

Setelah selesai mencuci, motorpun dibawa ketempat khusus pengeringan untuk dilap. Selesai dilap kering, body, velg, knalpot dan ban disemir hingga mengkilat. Ditempat lain biasanya tidak dilengkapi dengan semir, kalaupun dilengkapi tidak semua bagian, bahkan ada beberapa yang menerapkan tarif khusus untuk semir body.

Nah satu lagi yang membuat saya terkesan, setelah selesai semua, mesin motor dihidupkan dituntun ke depan pintu gerbang, sehingga pelanggan tinggal tarik gas saja. Memang dari segi harga, mencuci di sini sedikit lebih mahal. Kalau tempat lain hanya Rp. 6.000, disini Rp. 8.000, kalau ditambah sebotol minuman ringan jadi Rp. 10.000 pas.

Bagi pelanggan, selisih harga Rp. 2.000 itu tidak sebanding dengan layanan plus yang diberikan. Siapapun pelangganya akan merasa benar-benar menjadi raja ketika memasuki area steam motor tersebut.

8 thoughts on “Kualitas Layanan Steam Motor”

  1. Ok.Saya etuju dengan ulian anda.Walau terlambat berkomentar namun gak masalah.Salam kenal

  2. @Mbak Kaira: Bisnis steam motor, selain masalah strategi marketing, musim dan cuaca sangat menentukan. Misalnya saja, kalau seminggu tiap hari hujan lebat terus, biasanya mereka malas mencuci motornya, tapi kalau habis hujan, lalu cerah sehari saja, maka dapat dipastikan akan banyak yang steam.

    Biasanya musim kemarau juga freqwensi pencucian motor tidak sesering pada saat musim hujan, karena relatif lebih lama menjadi kotor.

    Kalau mengenai strategi marketing sih sebenarnya kita juga harus melihat para kompetitor, misalnya kompetitor memberi layanan tanpa semir, kita bisa tambahkan. Atau kasih bonus teh botol tiap satu motor.

    Tapi jangan lupa, sebenarnya layanan basic yang harus diperkuat dulu. Customer biasanya menginginkan mencuci motor cepat (tidak ngantri lama), bersih konclong dan harganya terjangkau.

  3. salam kenal pak……….
    mungkin tidak dari segi pelayanan saja pak……..bisa jadi karena lebih dulu bukanya (menang nama)…….na kalo masalah menang nama seperti in gimana pak cara mengatasinya…….mohon sarannya

  4. Mas Andre.., nama atau brand image memang sangat penting dalam bisnis. Namun konsumen kita sekarang sudah cerdas, bisa memilih mana yang cocok dgn kebutuhanya.

    Banyak pendatang baru yg bisa mengalahkan pemain lama, jika pemain lama tersebut lengah menjaga kualitas.

    Memang butuh upaya 2 kali lipat bagi pendatang baru untuk sejajar dgn pemain lama.

  5. Sy bru buka steam . Steam sy msh sepi .sy bgung krna sy memiliki m0dal yg kecil. Sy kesulitan mencri kryawannya. Krna sy jga smbil bekerja diperusahan. Sy jg byk k0nsep marketing nya.namun sy msh kendala m0dal.dan employernya.

  6. Memang bisnis steam sekarang persaingan ketat, harus pinter-pinter cari celah. Malah sekarang cuci motor/mobil bergaransi 3 hari. Kalau kotor dalam 3 hari boleh cuci lagi gratis.

    Bisnis memang harus fokus, tidak bisa dijadikan sambilan, kalau mau cepat berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s