Membuat Produk yang Laku Keras

Pernahkah kita bertanya, mengapa produk-produk di rak supermarket yang jumlahnya ribuan item itu semuanya laku terjual?.

Prinsip dalam pembuatan produk agar laku keras sebenarnya sederhana. Kuncinya bagaimana membuat sebuah produk yang bisa membuat orang lain mudah dan nyaman. Dibalik produk yang laku keras, tentu ada orang-orang yang memiliki komitmen tinggi untuk memberi manfaat kepada orang lain, untuk membantu orang lain agar lebih mudah atau lebih nyaman menjalani kehidupanya.

Coba kita lihat Teh Botol Sosro, kenapa bisa laku keras?. Ternyata pemiliknya, Sosrodjojo, pendiri perusahaan sosro adalah orang yang memiliki komitmen kuat untuk membuat orang lain lebih mudah dan nyaman.

Berawal dari acara tes cicip (on place test) yang dilakukan Sosrodjojo di pasar-pasar tradisional terhadap Teh Tubruk Cap Botol. Awalnya teh disedu langsung didepan para customer yang akan melakukan tes cicip. Namun cara ini ternyata membuat orang tidak sabar menunggu dan meninggalkan acara tanpa merasakan enaknya Teh Cap Botol milik Sosrodjojo.

Sosrodjojopun memutar otak, hari berikutnya cara menyajikan teh tersebut dirubah, yakni dengan menyedu teh di pabrik, kemudian dimasukkan ke dalam drum-drum dan dibawa ke pasar menggunakan mobil. Cara kedua ini sudah lebih baik, karena customer tidak perlu menunggu lama untuk menyicip teh yang segar itu. Namun selama diperjalanan banyak teh yang tumpah, karena terguncang-guncang didalam mobil.

Hari ketiga cara menyajikan teh ini dirubah lagi, yaitu dengan menyedu teh di pabrik, kemudian memasukkan ke dalam botol limun agar mudah dibawa. Ternyata cara ketiga ini dipandang cara yang paling praktis untuk menyajikan teh secara instant. Maka muncullah Teh Botol Sosro yang merupakan pembotolan teh pertama didunia.

Ternyata teh botol yang dulunya tidak begitu diminati orang ini, sekarang bisa menjadi teh laris yang sangat diminati masyarakat dunia. Coba kita lihat, saat lebaran, kita tidak perlu lagi menyediakan banyak gelas dan menyedu  teh dengan air panas yang sangat merepotkan itu. Cukup kita sediakan teh botol yang tinggal buka tutupnya dan siap minum, rasanya juga sama dengan teh tubruk yang kita buat sendiri.

Ide pengemasan air minum seperti Aqua juga hampir sama dengan Teh Botol Sosro. Dulu waktu saya masih kecil heran, kenapa air minum dikemas dan dijual di warung, padahal saat itu air bersih masih sangat melimpah. Kita bisa mendapatkan air minum gratis diwarung makan.

Sekarang baru kita bisa melihat hasilnya. Banyak orang yang sudah tidak percaya dengan kebersihan air minum gratis yang disediakan rumah makan pinggir jalan, bahkan dengan es teh yang dijual warung makan. Banyak orang yang kemudian berfikir lebih baik membeli air minum dalam kemasan yang sudah pasti bersih dan sehat.

Belum lagi ketika kita naik kereta atau bus. Pedagang asongan selalu saja menjajakan air minum dalam kemasan sambil berusaha memberi solusi bagi penumpang yang kehausan.

Dibidang teknologi, google telah memberi contoh paling baik bagi kita.  Pengguna internet tentu paham apa itu google. Raja mesin pencari ini selalu meng-update fasilitasnya untuk memberi kemudahan bagi penggunanya.

Google tidak saja memberi kemudahan pencarian website, tapi juga memberi fasilitas peta dan foto satelit google earth yang bisa digunakan untuk mencari alamat rumah. Bahkan saat ini bukan hanya peta seluruh tempat dibumi, tapi juga foto satelit planet mars dan seluk beluk langit. Hal  ini menjawab keingin tahuan masyarakat dengan dunia luar angkasa.

Google juga mamanjakan para pencari informasi dengan Google Squared yang rencananya dirilis bulan depan. Google Squared tidak saja memberikan hasil pencarian yang cepat, tapi juga memberikan informasi lebih lengkap dalam bentuk spreadsheet. Sebagai contoh, pencarian kata ‘small dogs’ nantinya akan menunjukkan gambar yang berbeda mengenai informasi ukuran, berat, serta informasi jenis-jenis anjing kecil yang ada.

Google Squared juga mengklasifikasikan hasil pencarianya yang termasuk berita baru atau lawas. Hal ini penting, kadang kita mencari berita terbaru tentang pemilihan presiden, ternyata yang muncul informasi pemilihan presiden tahun 2004.

Satu hal yang perlu kita simpulkan : Jika ingin produknya sukses terjual, banyak-banyaklah berpikir membuat orang lain lebih mudah dan nyaman dalam menjalani hidupnya setelah menggunakan produk kita.

4 thoughts on “Membuat Produk yang Laku Keras”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

LOOKING FROM A DIFFERENT PERSPECTIVE

%d blogger menyukai ini: