Serangan Rusuk, Strategi Hancurkan Raksasa

Banyak strategi yang bisa diterapkan perusahaan pemasaran untuk mengalahkan rival-rivalnya. Memilih strategi mana yang cocok, akan sangat mudah dilakukan oleh perusahaan besar yang produknya telah menjadi market leader. Namun tidak demikian dengan perusahaan kecil yang produknya juga belum begitu dikenal oleh masyarakat.

Keterbatasan anggaran dan brand awarness yang masih lemah menjadi ganjalan perusahaan kecil untuk memenangkan pertarungan. Namun “Sulit” bukan berarti TIDAK BISA. Masih ada cara untuk bisa menggeser sang market leader.

Salah satu alternatif yang bisa ditempuh adalah strategi serangan rusuk. Namanya serangan rusuk, tentunya tidak langsung head to head dengan lawan, yakni menyamping (sesuai letak rusuk). Caranya kita harus memetakan kekuatan lawan, coverage area, segmen pasar dan taget market. Nah.. jika semua sudah terpetakan, maka kita harus mencari daerah-daerah kosong (blank area) atau daerah yang penetrasinya lemah, biasanya daerah pinggiran. Kita masuk daerah tersebut dengan kekuatan penuh dan pelayanan yang memuaskan. Dengan begitu kita bisa menjadi market leader di daerah tersebut.

Setelah kita cukup punya kekuatan, sedikit demi sedikit kita melebarkan sayapnya ke daerah sekitar. Namun harus tetap menjaga agar kita tidak head to head, karena meskipun kita sudah jadi market leader didaerah tersebut, secara total kita belum ada apa-apanya dengan market leader sebelumnya.

Kita bisa mulai masuk ke arah tengah kota (yang penetrasi pasar lawan lebih kuat). Yang perlu diperhatikan adalah kita harus mengamati kelemahan apa yang dimiliki lawan pada daerah itu. Misalnya sering terlambat dalam pengiriman, atau order-order kecil sering terabaikan karena mementingkan order yang besar. Jika kelemahan ini sudah kita tangkap, kita harus membuat action yang berlawanan dengan apa yang mereka lakukan. Misalnya selalu mengirim barang tepat waktu lalu melayani order-order kecil dengan lebih profesional dan melakukan pendekatan kepada customer dengan lebih personal.

Kelebihan kita ini, walaupun tampak kecil, namun bisa mengobati kekecewaan customer terhadap sang market leader yang telah ceroboh karena kebesaranya. Dan berangsur-angsur, customer akan berpindah kepada kita.

Kumpulkan sukses-sukses kecil seperti ini. Dalam waktu yang tidak lama, pasar akan bergerak ke arah kita.

Salam SUKSES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s