Obama dan Tolak Angin

Obama InaugurationMeskipun sebenarnya mataku sudah ngajak tidur, tapi rasa penasaran mendorongku untuk mengikuti siaran langsung Obama Inauguration yang ditayangkan secara live oleh Metro TV dan beberapa stasiun TV Indonesia.

Obama memang sosok baru dengan karakter yang baru pula bagi publik Amerika. Dengan keunikanya, Obama mampu menjadi representasi Orang Amerika, Orang Afrika dan Orang Asia sekaligus. Pidato pertamanya yang disaksikan jutaan mata seluruh penjuru dunia memang menunjukan Amerika yang berbeda dari biasanya.

Amerika yang biasanya arogan, tidak bersahabat dan memusuhi negara-negara Islam, hanya dalam waktu kurang satu jam semuanya tampak berubah 180 derajat. Pidatonya yang berapi-api seperti Presideng Soekarno, menyatakan dengan tegas bahwa “Mulai saat ini, amerika lahir kembali”. Amerika akan menghormati negara-negara Islam dan Amerika yang menjadi sahabat negara-negara didunia.

Sebagai Brand Manager, saya mengacungi dua jempol pada Obama yang hanya dalam waktu singkat bisa merubah image brand Amerika. Cara Obama merubah citra Amerika seperti Tolak Angin (jamu anti masuk angin) merubah citranya dikalangan konsumen.

Tolak angin yang tergolong jamu, pada awalnya mempunyai image “obat untuk orang kampung yang kuno dan tidak tahu cara pengobatan canggih ala kedokteran modern”. Namun hanya dengan tag line nya yang spektakuler “Orang pintar, minum tolak angin”, mampu merubah image secara mendadak. Sehingga orang-orang kota, bahkan para ABG tidak malu minum tolak angin, karena terkesan “Pintar”.

Saya yakin Obama memahami benar citra Amerika yang hancur saat ini. Maka komitmen-komitmen yang mekuncur dalam pidato kenegaraan pertama Obama bak hujan membasahi tanah kering kerontang setelah dilanda kemarau panjang.

Berbagai spekulasipun bermunculan dari para pengamat politik. Ada yang memperkirakan Obama akan membawa dampak baik bagi bagi negara-negara Islam, terbukti dia sudah membentuk tim penyelesaian konflik di Timur Tengah. Namun ada juga yang memperkirakan, Obama tetaplah orang Amerika dan Amerika tetaplah Amerika, tidak akan ada perubahan kebijakan, yang ada adalah perubahan cara dalam menguasai dunia. Jika George W Bush melakukanya dengan peperangan, mungkin Obama akan melakukanya dengan cara bersahabat, tapi tetap saja mau cari untung sendiri.

So…Kita lihat saja nanti… yang jelas secara marketing, Obama telah berhasil merubah citra brand Amerika untuk sementara waktu.

One thought on “Obama dan Tolak Angin”

  1. Membaca artikel ini, Idha jadi ingin menggaris bawahi bahwa ternyata untuk merubah brand image salah satunya atau satu-satunya dengan mengubah komunikasi, dengan melemparkan tag line yang mengena. Ini juga terbukti bahwa tag line SBY “bersama kita bisa” pada tahun 2004 juga sangat mengena di hati masyarakat dan memotivasi masyarakat untuk memberikan dukungan pada SBY.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s